Analisis Minat Nasabah Non-Muslim Menjadi Nasabah Di BMT Shohibul Ummat Remban

  • Muhammad Qoes Atieq IAIN KUDUS
  • Violanita Angga Astrini Institut Agama Islam Negeri Kudus

Abstrak

Objektif.  Perkembangan ekonomi masyarakat modern semakin maju dan ditandai dengan banyaknya lembaga keuangan yang ada, namun banyak orang yang beranggapan bahwa lembaga keuangan syariah dan konvensional memiliki kriteria yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alasan nasabah non-Muslim menjadi anggota di BMT Shohiul Ummat Remabang.

Metode Riset.  Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan nasabah non-Muslim

Hasil.  Penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang menjadikan minat atau keinginan nasabah non-Muslim menggunakan produk BMT Shohibul Ummat yaitu dorongan atau keinginan dari diri sendiri selain itu ada pengaruhnya dari orang terdekat dan ada faktor kepuasan ketika mendapatkan bagi hasil, bonus ataupun gift. Selain itu mengenai kecepatan saat bertransaksi atau pelayanan, profit sharing (bagi hasil), citra perusahaan

Kesimpulan. Sebaiknya referensi mengenai tema tentang nasabah non-Muslim yang menjadi anggota di layanan non bank maupun bank yang berlandaskan syariah lebih ditingkatkan agar penelitian selanjutnya lebih maksimal.

Referensi

Anggraini, R., & Inayah, N. (2022). Analisis Minat Nasabah Non- Muslim Untuk Melakukan Pembiayaan Pada PT . BPRS Gebu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 4(1), 75–90.
Anik. (2022). Hasil Wawancara dengan Ibu Anik, nasabah Non-Muslim yang menjadi nasabah BMT Shohibul Ummat pada Kamis, 4 Agustus 2022.
Company Profil BMT Shohibul Ummat Rembang. (n.d.).
Damayanti, A., & Atika. (2022). Minat Nasabah Non-Muslim Dalam Membeli Produk Asuransi Syariah. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), 271–279.
Halimah, A. (2018). Peningkatan Kepercayaan Nasabah Tabungan Mudharabah melalui Pendekatan Syariah Marketing, Service Excellence, dan Reputasi. Journal of Finance and Islamic Banking, 1(1), 76–89.
Hartono, E. S., & Perdhana, M. S. (2021). Work-Life Balance Terhadap Pegawai Bank Studi Fenomenologi Pada Bank Setia di Yogyakarta. Journal Of Economics, 10(2), 1–16.
Herlina, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Profit Sharing Terhadap Keputusan Nasabah Asuransi Syariah Di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai. Jurnal Tamaddun Ummah, 1(2), 44–56.
Maghfiroh, N. L. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Nasabah BMT An-Nur Rewwin Sidarjo).
Marlina, L., & Rosdiana, G. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Non-Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 33–40.
Nisa, K. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Bangkalan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(3), 180–187.
Rina, & Aslikhah. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Untuk Memanfaatkan Produk Lembaga Keuangan Syari ’ah. WADIAH: Jurnal Perbankan Syariah, 1(2).
Romdhoni, A. H., & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan , Kualitas Pelayanan , Produk , dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(2), 136–147.
Rumastari, R. P., & Sunindyo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Unit Ngesrep Semarang). Keunis Majalah Ilmiah, 7(2302), 5–29.
Rusmaulina. (2022). Hail Wawancara dengan Ibu Rusmaulina, nasabah Non-Muslim yang menjadi nasabah BMT Shohibul Ummat pada Kamis, 4 Agustus 2022.
Sari, S., & Faozy, M. (2022). Ekonomi Islam Untuk Keberlanjutan Umat Beragama (Studi faktor yang Mempengaruhi Minat Anggota Non-Muslim Dalam Menyimpan Di BMT Artha Sejahtera Bantul). Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 1(1), 11–27.
Tanjung, M., & Novizas, A. (2018). Eksistensi Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Dalam Perekonomian Islam. Jurnal Magister Ilmu Hukum, III(1), 27–35.
Winarto, W. W. A., & Falah, F. (2020). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(2), 150–161.
Zaeniyah, I. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di KSPPS Gumarang Akbar Syariah Ampenan.
Zulkifli, Bakhri, B. S., & Rahmawati. (2019). Analisis Penyajian laporan Keuangan Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Al-Hikmah: Julnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 1–22.
Diterbitkan
2023-04-29