Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. A&A Copier Pematang Siantar
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan, harga, lokasi, danepuasan pelanggan pada CV A&A Copier Pematangsiantar. 2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadapepuasan pelanggan pada CV A&A Copier Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan lapangan. Populasi pada penelitian ini yakni pelanggan pada CV A&A Copier Pematangsiantar yang berjumlah 40 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan yakni uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Kualitas pelayanan, harga, dan lokasi sudah baik, serta pelanggan sudah puas. 2. Terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial. 3. Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan, harga dan lokasi dengan kepuasan pelanggan. Kemudian tinggi rendahnya kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga dan lokasi. 4. Hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial.
The purposes of this study are: 1. To determine the description of service, price, location, and customer satisfaction at CV A&A Copier Pematangsiantar. 2. To determine the effect of service quality, price, and location on customer satisfaction at CV A&A Copier Pematangsiantar either simultaneously or partially. This study uses literature and field research design. The population in this study were 40 customers at CV A&A Copier Pematangsiantar. The types of data used in this research are qualitative data and quantitative data. Sources of data used are primary data and secondary data. Data was collected by means of questionnaires, interviews and documentation. The research instrument test used was validity test and reliability test. The data analysis technique consisted of normality test, qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis. The results of this study can be concluded as follows: 1. Service quality , price, and location are good, and customers are satisfied. 2. There is a positive influence between service quality, price and location on customer satisfaction both simultaneously or partially. 3. There is moderately relationship between service quality, price and location with customer satisfaction. Then the level of customer satisfaction can be explained by service quality, price and location. 4. The results of the hypothesis test state that H0 is rejected, meaning that there is a positive and significant influence between service quality, price and location on customer satisfaction either simultaneously or partially.
Referensi
Hurriyati, Ratih. (2015), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen . Bandung : Alfabeta
Kotler, P. and Keller, K. L. (2012) Manajemen Pemasaran. XII Jilid. PT. Indeks.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. 13 jilid 1. Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2014) ‘Manajemen Pemasaran Jasa’, in. jakarta: Salemba Empat, p. 354.
Panjaitan and Yuliati. (2016), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen. Universitas Telkom. Vol. 11. No. 2
Robbins, S. P. and Coulter, M. (2010) Manajemen. 10th edn. Jakarta: Erlangga.
Setiawan and Sudrajat. (2019), Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Limasan Kafe Karawang. Buletin Studi Ekonomi. Vol. 24 No. 2.
Sintya et al,. (2018), Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal Emba. Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.6 No 3. ISSN 2303-1174.
Adrian, S. R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Cipta Selera Semesta Sheilla. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(1), 1–7.
Efendi, E., Butarbutar, M., Putra, L. A., Silaen, M. F., & Yolandra, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Pada RSU Mina Padi Kabupaten Simalungun. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(1), 32–38.
Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, E., & Damanik, H. A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32–41. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/19
Lie, D., Loist, C., Inrawan, A., Dharma, E., & Ranuwisastri, Y. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kerja Sama Tim Karyawan Non Medis Pada PT Horas Insani Abadi Pematangsiantar Darwin. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(1), 25–31.
Nababan, T. S., Panjaitan, F., Panjaitan, R., Silaban, P., & Pantas, H. (2021). Analysis of Consumer Consideration Factors on Moderated Purchase Decisions in Online Shopping By Consumer Trust (Study on Students of Master of Management Study Program, Postgraduate at HKBP Nommensen University, Medan) Tongam. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 80–93.
Tjiptono, F. (2014) Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi. Available at: http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=41685.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##