PENGARUH ADVERTISING, E-WOM, BRAND IMAGE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE DECISION TIKET PESAWAT ONLINE TRAVELOKA DI INDONESIA
Advertising, EWOM, Brand Image , Perceived Value dan Purchase Decision
Abstrak
Di zaman ini perkembangan teknologi berdampak besar bagi kehidupan bisnis untuk mempermudah segala hal aktivitas seperti pekerjaan ataupun berpergian liburan .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Advertising,E-WOM,Brand Image dan Perceived Value terhadap Purchase Decision tiket pesawat online di Traveloka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna tiket pesawat Online Traveloka di seluruh Indonesia, sampel penelitian ini sebanyak 100 Responden Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data Primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan Software SPPS 24. Hasil penelitian ini menunjukan (1). Advertising tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Decision. (2). EWOM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Decision. (3). Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision. (4). Perceived Value berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision. (5). Advertising, EWOM, Brand Image dan Perceived Value secara simultan berpengaruh terhadap Purchase Decision.
Referensi
Amma F, Indria G. (2020). Technology Factor dan Motivation to Share dalam membentuk Akulturasi Knoeledge Sharing dan Frim Innovation Capability studi pada UMKM Sektor Meubel Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, Vol. 4 No. 1,38-55.
Fandy Tjiptono. (2015). Stratelgi Pelmasaran (4th eld.). Andi Offselt, Yogyakarta.
Jalilvand, M. R. , and N. S. (2012). THel Elffelct Of Ellelctronic Word Of Mouth On Brand Imagel And Purchasel Intelntion AN Elmpirical Study In Thel Automobilel Industry In Iran. Markelting Intellligelncel & Planning vol 30 No 4, 2012 pp.460-476.
Kadir, P. A. (2020). stratelgi Markelting Mellalui Onlinel Travell Agelnt dalam Melningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Training Celntelr Damhil. Idelas: Jurnal Pelndidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2) 147-160.
Kotlelr, P & Gary Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pelmasaran (Eldisi kel 13). Jakarta : Elrlangga.
Kotlelr, Philip. & Kelllelr. K. L. (2013). Manajelmeln Pelmasaran (jilid keldua). Jakarta : Elrlangga.
Kotlelr, P. & Kelllelr. K. L. (2016). Manajelmeln Pelmasaran (12 jilid 1 & 2). Jakarta : Elrlangga.
Mangkunelgara, A. P. (2015). Sumbelr Daya Manusia Pelrusahaan. (Celtakan kel dua bellas). Relmaja Rosdakarya : Bandung.
Putri, D. E. et al. (2021) Brand Marketing. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Ruhamak, M. D. & R. B. (2018). Pelngaruh Word Of Mouth Telrhadap Purchassel Intelntion Mellalui Brand Imagel Pada Lelmbaga Kursus bahasa inggris Dynamic Elnglish Coursel Parel. Elkonika. Jurnal Elkonomi Univelrsitas Kadiri
Santoso, S. (2015). SPSS20 Pelngolahan Data Statistik di Elra Informasi. Jakarta, PT. Alelx Meldia Komputindo, Kellompok Grameldia.
Seltiadi, N. J. (2013). Pelrilaku Konsumeln (eldisi Relvisi). Jakarta : Kelncana Prelnada Meldia Group.
Similarwelb. (2022). “Pelringkat Situs OnlinelTravell Agelnt”. Similarwelb.com.
Silalahi, M. et al. (2020) Dasar-Dasar Manajemen & Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sinaga, O. S. et al. (2020) ‘Mampukah Citra Merek, Fasilitas dan Kepercayaan Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Kota Pematangsiantar’, Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), pp. 151–157.
Welelnely dan sooutar. (2011). Nilai Pelrselpsi Konsumeln. Jakarta : Salelmba Elmpat.
Wicaksono, Mohammad. Pambudi. A. & Ni. Keltut. selminari. (2016). Pelngaruh Iklan dan Word Of Mouth Telrhadap Brand Awarelnelss Travelloka. El-Jurnal Manajelmeln Univelrsitas Udayana .
Wong jony. (2010). Intelrnelt Markelting For Belginnelrs. In Ellelx Meldia Komputindo, Jakarta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##