Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Anugrah Perumnas Batu Enam

  • Mella Mulia Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Darwin Lie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Efendi Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Juan Anastasia Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Liper Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Keywords: Brand Image, Consumer Perceptions, Purchasing Decision

Abstract

Objektif.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Subtansi dari riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan kepuasan sebagai variabel intervening pada Bengkel Anugrah Perumnas Batu Enam

Metode Riset.   Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner, wawancara dan dokumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah pengujian hipotesis klasik, analiisis deskripsi kuwalitatif daan deskripsi kuantitatif, regresi linier sederrhana, analisiis koefisien dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis.

Hasil. Kualitas pelayanan yang baik, kepuasan konsumen yang memuaskan dan loyalitas konsumen yang tinggi. 2. Kualitas layanan berdampak positif terhaadap keepuasan pelanggan. Ada pengaaruh poisitif antaraaa kepuwasan pelanggaan dan loyalitas pelanggan. Ada hubungan yang kuat dan positif antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.

Kesimpulan. Ada hubuungan yang kuat dann posiitif antara kepuasan pelanggan dan loyaalitas pelanggan. Dengan asumsi hasil H0 ditolak, artinya kualitas layanan secara simultan atau sebagian sebagai variabel perantara berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan.

References

Ananda, Risky, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Sisam Pematangsiantar. Sultanis: Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 6, No. 1, p50-62. https://scholar.google.com. Tahun Akses 2020
Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta, 2010. Pengaruh Pelayanan Wifi Terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Mahasiswa di Universitas Widyatama). http://responsitory.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/.1234567808/Bab%202.pdf?sequence=11. Tahun Akses 2020.
Doyle, Charles. 2013. Kampus Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Indeks.
Fahmi, Irham. 2011. Manajemen Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Hardiyansah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Hasan, Ali dan Sulaiman. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: Center For Academic Publishing Service (CAPS).
Hurriyanti, Ratih, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung Alfabeta.
Kartajaya, Hermawan. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta Erlangga.
Kolter, Philip. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 2. Jilild I. Jakarta: PT. Indeks
Kurniasih, Indah Dwi. 2012. Pengaruh Harga dan Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (studi pada bengkel ahass 0002 astra motor siliwangi semarang). Jilid I. Edisi V. Semarang. https://ejournal.undip.ac.id. Tahun Akses 2020.
Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(8), 421–428. www.ijstr.org
Manullang, 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Marina, Sandriana dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Penerbangan Full Service Airlines. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik. Volume 1, Nomor 2. Jakarta STMT Trisakti. http://media.neliti.com/media/publications/113164-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-loy.pdf . Tahun akses 2020.
Nurullailli. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Unversitas Diponegoro) https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/download/5357/4814. Tahun akses 2020.
Oliver dan Rahmayanty, Nina. 2019. Mencegah Pelayanan Prima, Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyalty. Yogyakarta: Graha Ilmu
Panjaitan, Wenty, dkk. 2018. Pengaruh Kepuasan dan Persepsi Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada UD PN Silitonga Serbelawan. Maker: Jurnal Manajemen. Vol. 4, No. 1, p83-91. https://scholar.google.com. Tahun akses 2020.
Robbins, Stephen P, dan Mary Coulter 2010. Manajemen. Edisi X, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI
Sinaga, Pratua. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Warnet Chamber Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro. Skripsi.
Sudirman, A., Efendi, E., & Harini, S. (2020). Kontribusi harga dan kepercayaan konsumen untuk membentuk kepuasan pengguna transportasi berbasis aplikasi. Journal of Business and Banking, 9(2), 323–335. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2078
Sudirman, A., Rosmayati, S., Anne, H., Arifudin, O., Rijal, K., Alaydrus, S., Rusmana, F., Syamsuriansyah, Hanika, I. M., & Nugroho, L. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Widina Bhakti Persada.
Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI
Terry, George R, dan Leslie W, Rue, 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy, 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI.
........ 2014. Pemasaran Jasa. Edisi I. Yogyakarta: ANDI
Utama. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Rown Division Kota Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. http://media.neliti.com. Tahun Akses 2020.
Waluyo, Wahyu Agung. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhdap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Karsa Utama Mall Kota Gorontalo). Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi.
Published
2021-04-29