Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar
Abstract
Objective. Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar merupakan salah satu usaha dagang khususnya produk minuman. Salah satu produk yang ditawarkan adalah minuman yang berbaur dengan kopi hitam dan sekaligus menjadi fokus produk pada penelitian ini, hal ini dikarenakan produk yang ditawarkan pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar sebagian besar adalah produk yang berbaur dengan kopi hitam dan juga karena sebagian besar pengunjung Kedai Kopi Baravi adalah laki - laki yang menyukai produk yang berbaur dengan kopi hitam. Tujuannya yaitu untuk memenuhi gaya hidup masyarakat pada zaman sekarang, dimana masyarakat lebih senang menghabiskan waktu luangnya untuk mengunjungi kafe yang dapat membuat konsumen merasa nyaman. Untuk segmen dalam menarik konsumen Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar berupaya untuk menciptakan kualitas produk yang baik dan memberikan lokasi yang baik juga agar mendapatkan kepuasan konsumen.
Research Methods. Lokasi dilakukan di Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung ke Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar pada bulan April sebanyak 70 orang dimana seluruh populasi menjadi sampel.
Results. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan lokasi dan kepuasan konsumen sudah baik. Selanjutnya, terdapat pengaruh positif antara Lokasi terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Kemudian, terdapat hubungan yang sedang dan positif antara lokasi terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar secara parsial.
Conclusion. Hasil analisis deskriptif kualitatif menunjukkan lokasi sudah baik. Kemudian nilai rata-rata tertinggi pada dimensi Akses untuk indikator jarak lokasi dengan masyarakat. Sedangkan nilai rata-rata terendah pada dimensi Tempat parkir untuk indikator kondisi tempat parkir.
References
Bailia, Jefry.F.T, Agus, Sjendry. 2014. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan lokasi Terhadap Kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan. Manado. Universitas Sam Ratulangi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article
Doyle, Charles. 2013. Kamus Pemasaran. Jakarta: PT Indeks
Durianto, Darmadi. 2011. Era Baru Manajemen. Edisi IX. Jilid I. Jakarta: Salemba
Fu’ad, Eko Nur. 2015. Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil di Komplek Shopping Centre Jepara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Nahdiatul Ulama Jepara.
Ginting, Mareta. Ahmad, Syahputra. 2014. Pengaruh lokasi, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pasar tradisional di Kecamatan Medan Johor. Medan: Universitas STIE IBBI. https://www.researchgate.net/publication
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Manajemen Pemasaran., Edisi XII, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lenzun, Jessica.J, James, Decky. 2014. Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar Telkomsel. Manado: Universitas Sam Ratulangi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba
Mongkau, Gladis. Lotje. Santje. 2017. Pengaruh kualitas produk, Harga, dan Tempat terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Tradisional Remboken. Manado : Universitas Sam Ratulangi. https://www.e-jurnal.com/2018/08/pengaruh-kualitas-produk-harga-dan_14.html
Robbins, Stephen P dan Mary Coulter. 2010. Manajemen. Jakarta: Erlangga
Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.
Sudarso, A., Kurniullah, A. Z., Halim, F., Purba, P. B., Dewi, I. K., Simarmata, H. M., Purba, B., Sipayung, R., Sudirman, A., & Manullang, S. O. (2019). Manajemen Merek. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Yayasan Kita Menulis.
Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. M., & Haerany, A. (2020). Perilaku Konsumen dan Perkembangannya di Era Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Sudirman, A., Efendi, E., & Harini, S. (2020). Kontribusi harga dan kepercayaan konsumen untuk membentuk kepuasan pengguna transportasi berbasis aplikasi. Journal of Business and Banking, 9(2), 323–335. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2078
Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66–76.
Urbayani, Nurdin. 2018. Pengaruh harga,kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (studi penggunaan kereta api Prameg Solo-Yogja). Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yamit, Zuliana. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonosia.
Copyright (c) 2021 Darwin Lie, Marisi Butarbutar, Sudung Simatupang, Efendi Efendi, Henny Agustina Damanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.