PENYULUHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN 4.0 BAGI PELAKU UKM ULOS DI KOTA PEMATANGSIANTAR

  • Darwin Lie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Robert Tua Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Efendi Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Ady Inrawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Fitria Halim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Keywords: Digital Marketing, Pemasaran 4.0, Pelaku UKM Ulos

Abstract

Urgensi dilakukanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tema penyuluhan pemanfaatan digital marketing sebagai alternatif pemasaran 4.0 bagi pelaku UKM Ulos di Kota Pematangsiantar ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai digital marketing serta pelatihan penerapan digital marketing menggunakan platform E-Commerce. Metode yang di gunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu melalui ceramah dan praktik langsung penerapan digital marketing. Tahapan pelaksanaan acara ini meliputi pembukaan dan pengenalan digital marketing, pemaparan tentang digital marketing, pemaparan tentang beberapa masalah yang sering dihadapi pelaku UKM Ulos, kemudian dilanjutkan praktik yang berkaitan dengan digital marketing. Setelah kegiatan pengabdian selesai, maka dilakukan wawancara lanjutan mengenai dampak pelaksanaan kegiatan pengabdian. Sesuai dengan hasil wawancara diketahui pemahaman pelaku UKM Ulos terkait pemanfaatan digital meningkat 90%.

References

Afwa, A., Djajasinga, N. D., Sudirman, A., Sari, A. L., & Adnan, N. M. (2021). Raising the Tourism Industry as an Economic Driver. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020) Raising, 560(Acbleti 2020), 118–123.
Basoeky, U., Panggabean, S., Manu, G. A., Wardhana, A., Hoeronis, I., Adnan, Y., Maisarah, & Sudirman, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital: Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Media Sains Indonesia.
Guven, H. (2020). Industry 4.0 and Marketing 4.0: In Perspective of Digitalization and E-Commerce", Akkaya, B. (Ed.) Agile Business Leadership Methods for Industry 4.0, Emerald Publishing Limited, pp. 25-46.
Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246
Halim, F., Sherly, Grace, E., & Sudirman, A. (2021). Entrepreneurship And Innovation Small Business. Media Sains Indonesia.
Halim, F., Sherly, & Sudirman, A. (2020). Marketing dan Media Sosial. In e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence. Media Sains Indonesia.
Hasan, M., Roslan, A. H., Hendrayani, E., Sudirman, A., Jamil, M., Sitaniapessy, R. H., Basoeky, U., Fauziah, Yasa, N. N. K., & Wardhana, A. (2021). Kewirausahaan. Media Sains Indonesia.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2799/pdf
Lestari, M. M., Lie, D., Halim, F., Putri, J. A., & Putra, L. A. (2021). Strategic : Journal of Management Sciences Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Anugrah Perumnas Batu Enam Di era globalisasi saat ini , perkembangan otomotif semakin. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(April), 20–31.
Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, E., & Damanik, H. A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32–41. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/19
Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(8), 421–428. www.ijstr.org
Muniarty, P., Bairizki, A., Sudirman, A., Wulandari, Anista, J. S. A., Satriawan, D. G., Putro, Suryati, E., Suyatno, A., Setyorini, R., Putra, S., Nugroho, L., Nurfadilah, D., & Samidi, S. (2021). Kewirausahaan. Widina Bhakti Persada.
Permana, A., Yono, R. R., Ubaedillah, & Sucipto, H. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce di Desa Cikakak Kecamatan Banjarharjo. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1), 59–64.
Purba, R. A., Sudarso, A., Silitonga, H. P., Sisca, S., Supitriyani, S., Yusmanizar, Nainggolan, L. E., & Sudirman, A. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2, Issue 1). Yayasan Kita Menulis.
Purba, S. P. S., Lie, D., Efendi, E., Chandra, E., Ervina, N., & Sofiyan. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko BK Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1, 47–59. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/6
Ramadhania, & Mayasari, H. (2021). engoptimalan Penggunaan Teknologi dan Digital Marketing Pada Tanaman Gambir Demi Menunjang Ekonomi Masyarakat di Tarusan. ARSY : Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 2(1), 14–23.
Rubiyanti, R., Sri, T., & Wibowo, A. (2020). Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Produk Teh Binahong di Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.406
Salmiah, Fajrillah, Sudirman, A., Siregar, M. N. H., Simarmata, J., Suleman, A. R., Jamaludin, & Hasibuan, A. (2020). Online Marketing. Yayasan Kita Menulis.
Sherly, Halim, F., & Sudirman, A. (2020). The Role Of Social Media In Increasing Market Share Of Msme Products In Pematangsiantar City. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 61–72.
Simamora, J. M., & Yusmalinda. (2021). Pengaruh Service Excellence Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV Bersinar Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(1), 9–19. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/3
Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Dwi, Yunila Ariyanti, P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, 2(1), 8–11.
Sudirman, A., Halim, F., Nainggolan, A. B., Butarbutar, N., & Sherly, S. (2021). Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 2021 Universitas Muhammadiyah Jember, 165–179. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5165
Sudirman, A., Rosmayati, S., Anne, H., Arifudin, O., Rijal, K., Alaydrus, S., Rusmana, F., Syamsuriansyah, Hanika, I. M., & Nugroho, L. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Widina Bhakti Persada.
Sulistiyawan, E., Fauziyah, Subakir, Fariana, R., & Dyatmika, S. W. (2021). Sosial Media Sebagai Alternatif Pemasaran Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kecamatan Kedamean Gresik Jawa Timur. EKOBIS ABDIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102–108. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/3912
Published
2021-12-26
Section
Articles