Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko BK Pematangsiantar

  • Sonya Putri Shinta Purba Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Darwin Lie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Efendi Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Nelly Ervina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Sofiyan Sofiyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Liper Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Keywords: Brand Image, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Objektif. Tujuan riset ini merupakan untuk mengenali cerminan brand image, anggapan konsumen serta keputusan pembelian pada toko BK Pematangsiantar. untuk mengenali pengaruh brand image dan anggapan konsumen terhadap keputusan pembelian pada toko BK Pematangsiantar.
Metode Riset. Ada pula riset ini memakai desain riset kepustakaan (library research) serta riset lapangan (field research). Kemudian buat metode pengumpulan informasi memakai tata cara wawancara, tata cara dokumentasi serta tata cara kuesioner. Informasi yang diperoleh ialah tipe informasi kualitatif serta informasi kuantitatif. Hasil informasi yang yang diperoleh dari lapangan hendak dianalisis secara deskriptif baik secara kualitatif ataupun kuantitatif.
Hasil. Hasil riset ini bisa disimpulkan bagaikan berikut: 1. brand image, anggapan konsumen serta keputusan pembelian pada toko BK telah baik. 2. Hasil analisis regresi Ŷ= 18,229+ 0,383X1+ 0,362X2 artinya ada pengaruh positif serta signifikan antara Brand image serta anggapan konsumen terhadap keputusan pembelian pada toko BK Pematangsiantar. 3. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai R= 0,722, maksudnya ada ikatan yang sangat kokoh antara Brand image serta anggapan konsumen dengan keputusan pembelian pada toko BK Pematangsiantar.
Kesimpulan. Dari koefisien determinasi melaporkan besar rendahnya keputusan pembelian pada toko BK Pematangsiantar sebesar 52,1% bisa dipaparkan oleh brand image serta anggapan konsumen, sebaliknya sisanya sebesar 47,9% dipaparkan oleh aspek lain yang tidak diteliti dalam riset ini. 4. Hasil hipotesis H0 ditolak, maksudnya brand image serta anggapan konsumen mempengaruhi positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko BK Pematangsiantar baik secara simultan ataupun parsial.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Desiana, Lusy, dkk. 2018. Pengaruh Brand Image dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Pematangsiantar. STIE Sultan Agung. Jurnal Manajemen Vol.4. No.2. https://maker.ac.id/index.php/maker/article/view/99/100. Tahun akses 2020.
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen. Edisi II. Yogyakarta: BPFE.
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: Center For Academic Publishing Services (CAPS).
Kartajaya, Hermawan. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Keegan, Warren J. 2009. Manajemen Pemasaran Global. Edisi Keenam. Jilid II. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi XII. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi XII. Jakarta: PT Indeks.
Prasetyo, Adrian Yudya, Ahmad Fauzi DH, dan Brillyance Sanawiri. 2018. Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian. Malang. Universitas Brawijaya. Vol.61. No.3. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/2615/3009. Tahun akses 2020.
Putri, D. E., Sinaga, O. S., Agustina, S. S., Silitonga, H. P., & Sudirman, A. (2020). Minat Kunjungan Ulang Pasien yang Ditinjau dari Aspek Persepsi dan Kepercayaan pada Klinik Vita Medistra Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8, 8(1), 41–46.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. 2010. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Simamora, Bilson, 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT Grandmedia Pustaka Utama.
Sinaga, O. S., Putri, D. E., Banjarnahor, A. R., Halim, F., Sudirman, A., Ilmu, T., Sultan, E., & Utara, S. (2020). Mampukah Citra Merek, Fasilitas dan Kepercayaan Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Kota Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 151–157.
Sudirman, A., Halim, F., Pakpahan, G. E., & Sherly. (2020). Faktor-Faktor Yang Mendorong Minat Beli Smartphone Merek OPPO Dalam Kondisi Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, September, 1–11.
Terry, George R. dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2021-04-29