ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN, KEPUASAN, KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PELPORAN PAJAK DAERAH SUPER APP BY

(Studi Pada Bapenda Lamongan dan Bapenda Bojonegoro)

  • Selvia Laely Dwi Astuti UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN
  • Novi Damayanti Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Dewi Kusmayasari Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Kata kunci : Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi Akuntansi, Efektivitas Pelaporan Pajak Daerah Super App By Bapenda

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi tinggi karena efektivitas pelaporan pajak daerah berperan penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus memperkuat transparansi dan akuntabilitas layanan publik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, kepuasan pengguna, dan kualitas informasi akuntansi terhadap efektivitas penggunaan pelaporan pajak daerah melalui Super App By Bapenda di Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling. Responden berjumlah 100 orang, terdiri dari pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan wajib pajak terdaftar yang menggunakan aplikasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Berisikan ringkasan singkat tentang hasil dari temuan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan kualitas informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas penggunaan pelaporan pajak daerah. Sebaliknya, kepuasan pengguna tidak berpengaruh signifikan secara langsung. Meski demikian, secara simultan ketiga variabel memberikan pengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem.

References

Agustina, N., A., M., Triana, N., Doni, I., & Almadaly, S. S. (2023). Penggunaan E-Filling Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pelaporan SPT Tahunan pada Pada KKP Pratama Lhokseumawe. 127–141.
Ali, A. (2023). ACCOUNTING INFORMATION QUALITY , TAX AVOIDANCE AND COMPANIES ’ PERFORMANCE : THE MODERATE ROLE OF POLITICAL CONNECTION Article history : Received 04 October 2022 Keywords : Accounting Information ; Quality ; Tax Avoidance ; Political Accounting Informatio. 1–42.
Alwi, M., Karismawan, P., & Fatimah, S. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN e-filling DAN TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MELAPORKAN SPT PADA KANTOR PELAYANAN, PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) SELONG TAHUN 2011-2020. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 4(1), 35–50.
Ayu, I. G., & Meilani, R. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme dan Kemudahan Penggunaan QRIS Terhadap Perilaku Konsumtif Gen-Z di Kota Denpasar. 5(April), 1–10.
Badri, J., & Ardianto. (2025). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi Di Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Celebes Journal of Community Services, 4(1), 153–164.
Chetioui, Y., Lebdaoui, H., & Hafid, N. (2023). Mobile banking usage in the postpandemic era: Demystifying the disparities among divergent user segments in a majority-Muslim country. Journal of Islamic Marketing, 14(12), 3053–3084. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2022-0232
Darma, S. S., Ariwibowo, M. E., & Septanta, R. (2025). Pengaruh Kepercayaan , Persepsi Kemudahan , dan Kualitas Informasi terhadap E Filling dalam Perpajakan. Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 5(1), 227–238.
Darmayanti, N., R, D. P., & D, A. M. (2022). E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19. 6.
Dokhanian, S., Roustapisheh, N., Heidari, S., & Rezvani, S. (2022). The Effectiveness of System Quality, Habit, and Effort Expectation on Library Application Use Intention: The Mediating Role of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Satisfaction. International Journal of Business Information Systems, 1(1), 1. https://doi.org/10.1504/ijbis.2022.10049515
Emil, J., David, A., & Fabillar, H. M. (2024). PURCHASING BEHAVIOR AND SATISFACTION OF FAST-FOOD RESTAURANT CUSTOMERS IN CALBAYOG CITY. 26(2), 99–106.
Febriansyah, E., Saputra, P., & Bengkulu, U. M. (2020). 1* , 2 , 3. 4(3), 238–247.
Ferreira, J. M., Rodriguez, F. D., Santos, A., Dieste, O., Acuna, S. T., & Juristo, N. (2023). Impact of Usability Mechanisms: A Family of Experiments on Efficiency, Effectiveness and User Satisfaction. IEEE Transactions on Software Engineering, 49(1), 251–267. https://doi.org/10.1109/TSE.2022.3149586
Frisky, N. S., Rahmawati, & Afrizon. (2023). the Effectiveness of Accounting Information Systems Mediates the Relationship Between the Software of Information Technology and User Competency Towards the Quality of Accounting Information. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 8(2), 278–292. https://doi.org/10.20473/baki.v8i2.47412
Gustika, R., Firta, W., Suci Mantauv, C., Fahrozi, M., & Kurnia Sandi, D. (2021). Journal of S ocial and Economics Research. Jurnal Sosial Dan Ekonomi, 3(2)(1), 123–138.
Hair, j, F., Blavk, W, C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2021). multivariate data analysis (9th ed). cengage learning.
Hamid, A., Sultraeni, W., Fitriadi, F., & Breemer, J. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Restitusi : Jurnal Riset Perpajakan, 1(01), 21–33. https://doi.org/10.33096/restitusi.v1i01.195
Hamida, Y. A., & Wijaya, S. (2022). Kepatuhan Perpajakan UMKM Dengan Optimalisasi Data Online System (Studi Di Yogyakarta). JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 6(2), 327–341. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i2.1883
Hasnawati, & Rojani, N. S. P. (2024). Implementasi Sistem E-Tax Sebagai Moderasi Pengaruh Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Biaya Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Perpajakan. Economic Reviews Journal, 3(3), 2458–2467. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.423
Husen, A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang. Jurnal Economina, 2(6), 1356–1362. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.608
Kala, D., Chaubey, D. S., Meet, R. K., & Al-Adwan, A. S. (2024). Impact of User Satisfaction With E-Government Services on Continuance Use Intention and Citizen Trust Using Tam-Issm Framework. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 19, 1–22. https://doi.org/10.28945/5248
Kartana, W., Nengah, N., Ekayani, S., Aryawan, I. G., Ayu, I., & Meitri, S. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi (JA), 11(01), 69–80. jurnalfe.ustjogja.ac.id
Kurniawan, A., & Handayani, S. (2020). kompleksitas sistem informasi dan adopsi teknologi di lingkungan pemerintahan daerah. Jurnal Sistem Informasi.
Lappra, A. S., Waty, L., & Pintauli, R. F. (2025). PENGARUH PEMBAYARAN PAJAK SECARA ONLINE. 14, 139–154. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1305
M. Syahran, Saksitha, Deassy Arestya, S., Risnita, & Jailani. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
M.Yusuf, I., & Rusdi. (2025). FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASANWAJIB PAJAK PENGGUNA E-FILING. 1–12.
Martias, L. D. (2021). STATISTIKA DESKRIPTIF SEBAGAI KUMPULAN INFORMASI. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40–59.
Nugraha, D., Putra, G., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Loyalitas Pengguna Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Grab di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Okonkwo, C. W., Amusa, L. B., Twinomurinzi, H., & Fosso Wamba, S. (2023). Mobile wallets in cash-based economies during COVID-19. Industrial Management and Data Systems, 123(2), 653–671. https://doi.org/10.1108/IMDS-01-2022-0029
Oktavia, H., Abdurrahman, L., & Mulyana, R. (2021). Pembuatan Model Balanced Scorecard TI Menggunakan Pendekatan Structural Equation Model (SEM) Berbasis Varian di PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Pada Unit Enterprise Service. E-Proceeding of Engineering, 8(5), 9347–9354.
Pramudibyo, N. R., Muttaqin, M. R., & Sunandar, M. A. (2024). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI REDBUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION ( EUCS ). 12(2), 1099–1107.
Pratiwi, D. (2021). analisis faktor penentu kemudahan penggunaan sistem informasi elektronik pada instansi pemerintahan. Jurnal Sistem Informasi.
Purba, A., & Sihotang, J. I. (2023). Analisa Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Daytrans Dengan Kerangka Kerja Pieces Framework. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 7(2), 187–198. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i2.10432
Purwanto, A., & Sudargini, Y. (2021). Partial Least Squares Structural Squation Modeling (PLS-SEM) Analysis for Social and Management Research : A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 114–123.
Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip . id menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) dan End User Computing Satisfaction ( EUCS ). (Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence), 02(04), 19–26.
Rahardjo, S., & Putri, A. D. (2024). teknik wawancara terstruktur dalam penelitian akuntansi : pendekatan kualitatif pada sektor BUMN. Jurnal akuntansi dan multiparadigma.
Ramadhani, T. A., & Prabowo, P. S. (2021). EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK DAERAH SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA. Journal of Economics, 1, 12–31.
Safiri, E. N., & Zulkarnain, P. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Information Quality of Regional Financial Report, 9(2), 229. https://doi.org/10.37641/jiakes.v912.492
Salim, E., Kirana, K. C., & Henny Welsa. (2022). Analisis Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Anugrah Harapan Nusantara. J-MAS, 7(April), 157–164. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.383
Sari, D. . (2022). kualitas informasi dan kepuasan pengguna pada sistem informasi pemerintahan. Jurnal Sistem Informasi Pemerintahan.
Setiawan, A. Y. (2024). Optimalisasi Pemungutan Pajak Restoran Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. 12, 1–12. http://eprints.ipdn.ac.id/17808/1/REPOSITORY AGENG YUDHA S.pdf
Sofyani, H. (2025). Penggunaan Teknik Partial Least Square (PLS) dalam Riset Akuntansi Berbasis Survei. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 80–94. https://doi.org/10.18196/rabin.v9i1.26199
Syahnaz, A. D. (2021). Kesadaran Wajib Pajak Restoran Dalam Kepatuhan Pelaporan Pajak Menggunakan Aplikasi E-Sptpd (Elektronik-Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) Di Kota Depok. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 7(2), 17–38. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v7i2.627
Tahar, A., Sabiqoh, A. J., Ilmiati, N., & Wulandari, D. (2021). Pengaruh Appearance dan Individualism terhadap Penggunaan E-filing dengan Kepuasan Pengguna sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM di Provinsi Bengkulu). Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 79–90. https://doi.org/10.18196/rabin.v5i1.11693
Wijaya, itsna fauziah, Triyana, T., & Sakinah, G. (2025). View of PERANAN E-FILING DALAM MENDORONG KEPATUHAN DAN KEMUDAHAN PELAPORAN PAJAK DI INDONESIA.pdf.
Yuniarti, I. F., Novrikasari, & Misnaniarti. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Pengguna dan Dampaknya pada Manfaat Bersih (Penelitian terhadap Sistem Informasi Surveilans Penyakit Tidak Menular di Kota Palembang). Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 6(1), 161–180.
Published
2025-12-13