Pengaruh E-system Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pegawai Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

  • Anik Nur Cahyani Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Sutri Handayani Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Have Zulkarnaen Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: E-system pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Kajian ini didasari oleh keutamaan pajak sebagai bagian dari faktor sumber penerimaan negara. Perkembangan teknologi melalui penerapan e-system perpajakan, diharapkan dapat mengoptimalkan tingkat kepatuhan wajib pajak. Kajian ini menggunakan studi pada pegawai Universitas Islam Darul ‘Ulum (UNISDA) untuk melihat bagaimana e-system pajak, kualitas layanan pajak, dan sanksi pajak berdampak pada kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta data primer yang didapatkan melalui kuesioner kepada responden yang merupakan pegawai UNISDA. Metode purposive sampling guna memilih sampel dengan hasil sejumlah 116 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak Eviews 13, dengan analisis meliputi uji instrumen dan analisis regresi linier berganda untuk uji hipotesis. Penelitian menemukan e-system pajak tidak memberikan dampak signifikan terhadap kepatuan wajib pajak orang pribadi. Kualitas pelayanan pajak, dan sanksi pajak memberikan dampak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. seluruh variabel secara simultan memberikan dampak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Implementasi e-system pajak yang efektif, pelayanan pajak yang berkualitas, dan sanksi pajak yang disiplin dapat mengoptimalkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Disarankan agar Direktorat Jenderal Pajak terus mengoptimalkan e-system perpajakan, meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelatihan petugas pajak, serta menerapkan sanksi secara konsisten. Kajian selanjutnya dapat memperluas objek dan variabel untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif.

References

Ameliyaningsih, T., & Jannah, L. (2022). Pengaruh Attitude Towards Electronic Tax System, Pelayanan Fiskus, Dan Penerapan E-system PajakTerhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Jakarta Sawah Besar Dua. Jurnal Info Artha, 6(2), 118–125. https://doi.org/10.31092/jia.v6i2.1771
Amiruddin, Priyandi, R., Agustina, tri siwi, & Ariantini, nyoman sri. (2022). Metodologi Penelitian Kuabtitatif. In Pradina Pustaka.
Atmanti, M. M. A., & Kurniawan, B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib PajakPada Wajib PajakOrang Pribadi di Wilayah Sunter, Jakarta Utara. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.53008/kalbisiana.v10i1.1030
Delvechio, V., Pahala, I., & Utaminingtyas, T. H. (2024). Pengaruh Penerapan E-system pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajakterhadap Kepatuhan Perpajakan Wajib PajakOrang Pribadi. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 4(3), 838–851. https://doi.org/10.21009/japa.0403.14
Ernawatiningsih, N. P. L., & Sudiartana, I. M. (2023). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi Di Kantor Pelayanan PajakPratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi Profesi, 14(03), 482–491. https://doi.org/10.23887/jap.v14i03.70119
Ertika, S. L., & Rahmawati, M. I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sanksi PajakTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(7).
Febriyanti, N. W. A., Mahaputra, I. N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi Di Kantor Prlayanan PajakPratama Badung Utara. Jurnal Kharisma, 4(3), 78–87.
Hidayat, A. R., Mawardi, M. C., & Hariri. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib PajakTerhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi (Studi Kasus KPP Pratama Batu). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 13(1), 1–8. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra,
Karo, R. B., & Herawati, V. (2024). The Effect of Tax Knowledge and Tax Sanctions on Taxpayer Compliance in The Millennial Generation in Karawang with Tax Awareness as Moderation Variable. Golden Ratio of Finance Management, 4(2), 175–183. https://doi.org/10.52970/grfm.v4i2.495
Khairunnisa, N. R., Simbolon, A. Y., & Eprianto, I. (2023). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Good Governance Terhadap Penghindaran Pajak(Tax Avoidance). Jurnal Economina, 2(8), 2164–2177. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.726
Khodijah, S., Barli, H., & Irawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Layanan Fiskus, Tarif Pajakdan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 4(2), 183–195. https://doi.org/10.32493/jabi.v4i2.y2021.p183-195
Kudmasa, L. F., Hidayati, K., & Lestari, E. L. T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajakdi KPP Pratama Surabaya Simokerto (Studi Kasus KPP Pratama Surabaya Simokerto). UBARA Accounting Journal, 1(November), 391–399.
Kurnia, P. N., Zirman, & Humairoh, F. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Modernisasi Administrasi Perpajakan Dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak(Studi Empiris Pada Wajib PajakOrang Pribadi Di KPP Pratama Pekanbaru Tampan). Tax Center (JOT), 4(1), 1–28.
Lende, A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajakdan Sanksi Pajakterhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi di Kecamatan Gianyar. Jurnal Kharisma, 3(1), 253–266.
Nabila, A. P. (2022). Pengaruhpenerapan E-system perpajakan,Kualitas Pelayananpajak, Dan Sanksi PajakTerhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi Pelaku Pekerjaan Bebas(Studi Empiris Pada Wajib PajakOrang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Dan Terdaftar Di KPP Pratama Wil. In Institutional Repository UIN. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ndalu, M. S. A., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Penerapan E-system pajak, Insentif Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib PajakSelama Masa Pandemi (Studi pada Wajib Pajakterdaftar di KPP Pratama Jepara). Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 193–204. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.636
Nitasari, A., Nurlaela, S., & Siddi, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajakdan Kesadaran Wajib Pajakterhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Owner, 7(3), 2494–2505. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1510
Pratama, A. A. A., & Ridwan, M. (2024). Penerapan Self Assesment System Perpajakan Dalam Pelaporan SPT Tahunan Melalui Website DJP Online di KPP Pratama Majalaya. Prosiding Seri Praktikum Ilmu-Ilmu Sosial-Politik, 1, 50–55.
Rahman, M. F., Supri, Z., & Riyanti. (2023). Analisis Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi Berdasarkan Gender, Penerapan E-system pajakdan Pengetahuan Perpajakan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 7(3), 2740–2749. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1497
Silalahi, V. D. T. P., & Asalam, A. G. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhanwajib Pajak. Jurnal Ilmiah MEA, 6(3), 273–282.
Supriatiningsih, Darwis, H., Rawidjo, & Puspita, T. (2023). Pengaruh E-system Terhadap Kepatuhan Wajib PajakDengan Pemahaman Internet Sebagai Moderasi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 125–134.
Utama, K. C., & Yuliana, L. (2025). Implementasi Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan ( Coretax ) terhadap Efisiensi Kinerja Pegawai di Direktorat Jenderal PajakUniversitas Terbuka , Indonesia Universitas Paramadina , Indonesia Undang-Undang. Master Manajemen, 3(2), 43–56.
Velyati, W. A., & Wati, N. W. A. E. (2024). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Perpajakan, dan Penerapan e-system pajakTerhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak(KPP) Pratama Denpasar Barat. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 227–239. https://doi.org/10.32795/hak.v5i2.3878
Yarangga, M. (2022). Pengaruh Pemberian Insentif Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Penerapan E- System Terhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi Selama Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Terhadap Wajib PajakOrang Pribadi Yang Terdaftar di KPP Pratama Tange. ECo-Buss, 5(2), 619–632. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.571
Zinny, H., Ahmad, A. W., & Zerma, D. H. (2024). Pengaruh E-system Pajak, Self Assessment dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi. Jurnal Akuntansi Politeknik Negeri Padang, 3(1), 31–38.
Published
2025-12-13