ANALISIS KOMPARATIF DIGITAL MARKETING DAN DIRECT SELLING DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK HIDROPONIK
Abstract
Objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komparatif efektivitas strategi digital marketing dan direct selling dalam meningkatkan volume penjualan produk hidroponik pada komunitas petani Baraja Hydrofarm – Central Hidroponik Bandung Selatan.
Metode Riset. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode wawancara dan focus group discussion (FGD).
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan melalui Shopee, Facebook, dan WhatsApp lebih berfungsi sebagai media branding daripada peningkatan penjualan, dikarenakan tingginya ongkos kirim dan tidak stabilnya ketersediaan produk. Sebaliknya, strategi direct selling terbukti lebih efektif dalam meningkatkan volume penjualan karena memungkinkan pelayanan langsung, bahkan untuk pembelian dalam jumlah kecil.
Kesimpulan. Berdasarkan analisis SWOT dan hasil studi komparatif, direct selling lebih sesuai diterapkan pada kondisi aktual Baraja Hydrofarm yang memiliki kapasitas produksi terbatas dan jaringan distribusi lokal. Penelitian ini menyarankan penguatan jaringan distribusi lokal dan pemanfaatan digital marketing secara selektif dan terfokus.
References
Bahtiar, A., Syafa, H., Iryanto, M., Asmari, A., Darnilawati, Rahmarisa, F., Awom, S. B., & Rahmanudin, D. (2024). Pengantar Ekonomi Pembangunan. In Pengantar Ekonomi Pembangunan (Cetakan Pe, p. 161). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Hendy, Devi, & Gotami, C. (2025). YUME : Journal of Management Pengaruh Keragaman Produk , Direct Selling , Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV . Maju. 8(3), 54–67.
Indrawati, S., Fadhilah, A., & Kartika, R. (2025). An-naba : Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 1(1), 1–9.
Iryani, N. (2025). Mengukur Peluang Usaha Budidaya Sayuran Hidroponik untuk Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Kota Payakumbuh. 4(4), 1538–1546.
Istikhoroh, S., Fintari Gatrassia Suwarno, Y., Risma Irnanda, Z., Ahmad Alfa Rizki, R., Rahmawati, D., & Ameliaratri, R. (2023). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual) (Nurhaeni (ed.); Cetakan Pe). CV. Mega Press Nusantara.
Mokoagow, N. H., Lapian, S. L. H. V. J., & Jan, H. A. (2025). Pengaruh Digital Marketing, Loyalitas Konsumen Dan Brand Reputation Terhadap Volume Penjualan Pada Produk Gula Aren Di Desa Tombolikat. 455 Jurnal EMBA, 13(1), 455–465.
Munandar, D. (2022). Digital Marketing. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Nurshadrina, A. D., & Saidah, Z. (2023). STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK (Studi Kasus Pada CV Casafarm Bandung). Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(1), 56. https://doi.org/10.25157/ma.v9i1.8143
Pauzi. (2024). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cirebon: PT Arr Rad Pratama.
Putri, S., & Utomo, Y. P. (2025). Peran Karakteristik Individual dan Motivasi Dalam Kinerja Pemasaran Direct Selling (Studi Kasus : Karyah Barokah Pangsit Keripik Kupangq). Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 65–70. https://doi.org/10.23917/determinasi.v3i1.387
Ramadhani, M. M., Purnawati, N., Subhan Amir, A., Sulistiani, I., Syarifuddin, Darmawan, D., Putranto, D., Amonio Halawa, F., Arum Tri Rahayu, I., & Alfredo, R. (2024). Tantangan Dan Peluang Dalam Komunikasi Pemasaran Global (p. 182). Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius.
Seto, A. A., Fathihani, Latif, I. N., Lestari, Sari, O. H., Mareta, S., Susiang, M. I. N., Indrawati, A., Zulkifli, Purwatmini, N., Kamal, B., & Ramadhan, A. R. (2023). Manajemen Keuangan dan Bisnis. In Sepriano & Efitra (Eds.), Manajemen Keuangan dan Bisnis (Cetakan Pe). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. www.sonpedia.com
Sudjaniah, D. (2025). DIGITAL MARKETING, DIRECT MARKETING, PERSONAL SELLING, KUALITAS BARANG DAN HARGA SEBAGAI PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ALAT TERAPI KESEHATAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN CARA PEMBAYARAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Manajemen Modern, Vol. 7, No(286–311). https://journalversa.com/s/index.php/jmm/article/view/154/1183
Suprayitno, D., Ahmad, Tartila, Sa’dianoor, & Alfrin Aladdin, Y. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sutarto, S., & Hwihanus. (2025). Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Era Pasca Pandemi. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 3(1), 124–131. https://doi.org/10.59024/jumek.v3i1.520
Syahlan, Z., Ramlan, P., Riska, A., Syafaruddin, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Muhammadiyah, U., & Rappang, S. (2024). Analisis Penerapan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Jarejeku Di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. 18(1), 332–343.
Wahyuni, V. S., Maharani, M. A., Vita, A. P., Ardiansyah, F., Agustian, F., Studi, P., Syariah, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Belakang, L. (2025). Issn: 3025-9495. 18(2), 1–10.
Widhi Nugroho, B. (2024). Hidroponik Rumahan (Ismail (ed.)). Jakarta Timur : PT. Bumi Aksara.
Zed, E. Z., Indriani, S., & Wati, S. F. (2025). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era E-Commerce. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 171–180. https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4740
Copyright (c) 2025 Andri Asmari, Desi Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




