Hubungan Customer Satisfaction dengan Customer Retention di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Prima Sangatta

  • Andi Niartiningsih Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Noviani Munsir Universitas Cokroaminoto Makassar

Abstract

Objektif.  Customer retention merupakan bentuk loyalitas yang berhubungan dengan perilaku yang diukur berdasarkan perilaku belikonsumen yang ditunjukkan dengan tingginya frekuensi konsumen membeli suatu produk.  Customеr rеtеntion diаnggаp sеbаgаi sаlаh sаtu indikаtor pеnting customеr loyаlity dаn customеr sаtisfаction digunаkаn sеcаrа bеrgаntiаn yang bеrdаmpаk lаngsung pаdа nilаi pеlаnggаn dеngаn jаngkа wаktu yаng pаnjаng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan customer satisfaction dengan customer retention di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Prima Sangatta.

Metode Riset. Penelitian ini adalah jenis penelitian penelitian kuantitatif yang menggunakan studi observasional analitik dengan rancangan cross sectional study.

Hasil.  Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan customer satisfaction terhadap customer retention di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Prima Sangatta.  Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai p= 0.000, karena nilai p<α = 0.000<0.05.  

Kesimpulan. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan customer satisfaction merupakan kunci utama dalam mempertahankan pelanggan, karena kepuasan pelanggan menentukan apakah pelanggan tersebut akan tetap atau beralih ke rumah sakit lain.

Published
2024-12-06