Integrasi Matrix Scoring pada Kelayakan Penjualan Produk Makanan Green Food Balini Organic di E-Commerce
Abstract
Objektif. Penelitian mengenai studi kelayakan bisnis pada usaha Balini Organic ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan usaha dan penentuan strategi usaha yang tepat diterapkan pada usaha Balini Organic.
Metode Riset. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode penentuan strategi melalui matrix scoring dan pendekatan kelayakan bisnis yang mencakup aspek non finansial dan aspek finansial. Analisis kelayakan bisnis mencakup aspek non finansial yang meliputi aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen dan sumber daya manusia, aspek teknis dan teknologi, aspek sosial dan ekonomi, dan aspek hukum, serta aspek finansial.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan usaha Balini Organic berada pada kuadran I dengan posisi persaingan kompetitif kuat dan pertumbuhan pasar cepat. Strategi yang dapat diterapkan berupa peningkatan kegiatan promosi dan pemasaran produk di e-commerce. Berdasarkan hasil analisis aspek non finansial, usaha Balini Organic dikatakan layak untuk dijalankan. Hasil analisis aspek keuangan memperoleh nilai NPV Rp 29.417.361, nilai IRR 50,77%, nilai ARR 87,1%, nilai PI sebesar 2,25 kali, serta pengembalian investasi pada usaha Balini Organic selama 1 Tahun 5 Bulan 19 Hari.
Kesimpulan. Usaha Balini Organic layak untuk dijalankan ditinjau dari aspek non finansial dan aspek finansial dengan upaya penerapan strategi peningkatan promosi dan pemasaran produk.
Copyright (c) 2023 Ni Putu Yunita Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.