PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK TEMBIKAR UNTUK MENEMBUS SEGMEN PASAR BARU DESA TONDOWULAN, KEC. PLANDAAN, KAB. JOMBANG
Abstract
Tujuan dilakukannya pengembangan desain produk tembikar, yang diproduksi oleh kalangan wanita usia antara 40 tahun sampai 60 tahun, di Desa Tondowulan, Kec. Plandaan, Kab. Jombang adalah untuk menembus pasar baru dengan desain yang menarik sesuai kebutuhan pasar. Para Wanita di usia tersebut masih relative produkstif untuk menghasilakn berbagai produk tembikar karena mereka telah menekuni industry kreatif ini sejak usia anak-anak. Pengembangan desain yang digagas oleh Dinas PPA atau Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jombang adalah dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Pengembangan desain produk tembikar diharapkan mampu menyeser pasar baru yang lebih komplek dengan berbagai kebutuhan konsumen. Produk tembikar dapat menjadi produk seni yang memiliki nilai jual yang tinggi dari segi wujud produk, system produksi dan aneka desain berdasarkan fungsinya. Pelatihan pengembangan desain ini diikuti oleh 65 peserta yang terdiri dari: 1) Anggota PKK , 2) pelaku industry kreatif tembikar, 3) Kader perempuan Desa Tondowulan, Kec. Plandaan, Kab. Jombang. Metode pengembangan desain dilakukan dengan metode praktek langsung dengan mendatangkan tenaga ahli desain tembikar , dan tanyajawab. Hasil kegiatan ini menunjukkan antusian yang besar bagi pelaku usaha untuk mengikutinya serta aktif berdialog tentang bagaimana menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk hasil kegiatannya.
References
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Untuk Calon Wirausaha “Modul 3 Manajemen Usaha Kecil”. Jakarta.
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. 2012. Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP). www.kemenpppa.go.id.
Ngo, Liem Viet and Aron O’Cass 2012, Innovation and Business successs : The mediating role of customer participation, Journal ofBusiness Research, http://doi:10.1016/j.jbusres.2012.03.009
Rahayu & Sudarmiatin, 2022, Effects of Influencers on Social Media on Interest in Buying East Java Culinary, International Journal of Science, Technology & Management, ISSN: 2722 - 4015
Soenyono. 2012. Sosiologi Pemberdayaan Masyarakat (Community empowerment). Jenggala Pustaka Utama. Surabaya.
Setiartiti. L. 2019. Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Miskin Kampung Keluarga Berencana (KB). Seminar Nasional ABDIMAS II.