KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI PENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM KECAMATAN MARPOYAN DAMAI, PEKANBARU, RIAU

  • Rahmayulita Yulita STIE Mahaputra Riau
Keywords: Kefektifan, Strategi Pemasaran

Abstract

Para pelaku UMKM yang menggunakan sosial media sebagai sarana berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online lebih membantu mereka dalam mempromosikan produk mereka kepada masyarakat luas. Maka dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diperoleh wawasan keefektifan penggunaan sosial media sebagai pendukung strategi pemasaran pada UMKM sangat baik apabila dilakukan secara optimal dari segi lamanya waktu promosi dan adanya pengembangan produk.Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra khususnya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain masih kurangnya pengetahuan pelaku usaha dalam penggunaan alat atau instrumen digital sebagai salah satu langkah dalam melaksanakan kegiatan strategi pemasaran yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan pada pelaku usaha tersebut. Metode pengabdian masyarakat ini dilaksanakan

dengan cara tatap muka kepada UMKM yaitu dengan mewawancarai langsung pemilik UMKM dengan memberikan penjelasan kepada pihak UMKM mengenai pentingnya memasarkan produk dengan menggunakan sosial media serta membantu membuat postingan yang menarik sebagai salah satu cara untuk membantu para UMKM dalam memasarkan atau mempromosikan dagangan/jualannya ke sosial media agar banyak diketahui orang luar

References

Gani Ackhriansyah Achmad dan Jafar Basalamah, 2019. Social Media Sebagai Strategi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah , Volume 1, Nomor 2.
Halim, F., Sherly, & Sudirman, A. (2020). Marketing dan Media Sosial. In e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence. Media Sains Indonesia.
Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, E., & Damanik, H. A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32–41. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/19
Purba, S. P. S., Lie, D., Efendi, E., Chandra, E., Ervina, N., & Sofiyan. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko BK Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1, 47–59. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/6
Simamora, J. M., & Yusmalinda. (2021). Pengaruh Service Excellence Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV Bersinar Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(1), 9–19. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/3
Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. M., & Haerany, A. (2020). Perilaku Konsumen dan Perkembangannya di Era Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Sudirman, A., Halim, F., Nainggolan, A. B., Butarbutar, N., & Sherly, S. (2021). Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 2021 Universitas Muhammadiyah Jember, 165–179. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5165
Veranita Mira, Yuda Sahidin, Gunardi dan Eki Dudi Darmawan, 2021. Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Masyarakat), Volume 2, Nomor 1.
Published
2021-12-26
Section
Articles