STRATEGI PEMASARAN MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA MELALUI INOVASI PRODUK PADA LEMANG AJO TEBING TINGGI
Abstract
UMKM makanan memiliki potensi yang besar dalam perekonomian Indonesia, terutama karena makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Tebing Tinggi dikenal dengan julukan "Kota Lemang" karena kelezatan lemang khasnya sangat terkenal dan menjadi buah tangan para wisatawan. “Lemang Ajo” salah satu UMKM makanan yang berusaha tetap eksis dalam menghadapi tantangan dunia usaha dalam strategi produksi, pemasaran, dan inovasi untuk menghadapi tantangan pasar dan meningkatkan daya saing usaha secara berkelanjutan. Program Pengabdian ini dilaksanakan beberapa tahap, dari survei lapangan, diskusi team untuk memecahkan masalahnya dan melakukan penyuluhan serta bimbingan dalam memecahkan permasalahan diikuti tindak lanjut pendampingan.
Strategi Pemasaran dan Produksi yang adaptif dan inovatif dapat meningkatkan penjualan. Lemang Ajo memperkuat branding, menawarkan produk dengan kualitas premium, dan memanfaatkan teknologi produksi yang efisien. Kerjasama dengan toko oleh-oleh atau warung lokal dapat memperluas jaringan distribusi. Dengan strategi adaptif dan inovasi yang tepat, Lemang Ajo diharapkan dapat menghadapi tantangan eksternal dan mempertahankan keberhasilannya sebagai salah satu pelaku UMKM unggulan di Tebing Tinggi
References
Esis Melisa, Lidya Melia Sari, Diratu Agnes Fitria, & Tata Sutabri. (2023). Meningkatkan Budaya Kuliner Lemang Di Era Society 5.0. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i1.469
Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 131–142.
Jhonson, R. S., Marbun, J. A., & Sitanggang, R. J. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM AGROINDUSTRI LEMANG (Studi Kasus di Kota Tebing Tinggi). … Sosiologi Pertanian, 6(1). http://jurnal.usi.ac.id/index.php/jak/article/view/468%0Ahttp://jurnal.usi.ac.id/index.php/jak/article/download/468/585
Kotler, P., & Lane, K. (2016). Manajemen Pemasaran. Pearson Education.
Nopita, H., Suswatiningsih, T. E., Nurjanah, D., Pertanian, J. E., Pertanian, F., & Yogyakarta, I. (2021). Potensi Pengembangan Agroindustri Lemang Di Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara. Journal Agrifitia, 1(2).
Nur, F., Salman, D., & Rahmadanih, R. (2018). Kontribusi Usaha Lemang Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Sebagai Strategi Bertahan Hidup. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3), 249. https://doi.org/10.20956/jsep.v14i3.5261
Pratama, M. A., Simanjuntak, T. A., Marbun, T. P., Siahaan, R., Purba, R., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Karya, B. (2024). Community services progress. 3(2), 90–97.
Purba, R., Siregar, A., Siahaan, R., Jayanti S., S. E., & Rusmewahni. (2020). Pembelajaran Berbasis Google Classroom, Geoogle Meet Dan Zoom Guru Smp Negeri 2 Batubara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 410–416. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.464
Siahaan, R., Purba, R., Batubara, R. W., Roni, S., Syahputra, A., Amanda, F., Sihaloho, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., Karya, B., & Utama, U. P. (2024). Community services progress. 3(2), 32–40.