SEMINAR PARENTING: MEMBEKALI ORANG TUA DENGAN PERSIAPAN ANAK UNTUK SEKOLAH
Abstract
Kesiapan anak memasuki sekolah merupakan faktor krusial dalam mendukung perkembangan akademik, sosial, dan emosional mereka. Namun, banyak orang tua kesulitan mengidentifikasi indikator kesiapan sekolah karena minimnya pemahaman dan panduan praktis. Kegiatan PkM dalam bentuk seminar parenting ini bertujuan untuk membekali orang tua dengan kemampuan mengenali aspek kesiapan anak, meliputi dimensi fisik, bahasa, sosio-emosional, kemandirian, kognitif, literasi, berhitung, dan psikologis, guna memperlancar transisi ke pendidikan formal. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan interaktif melalui ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi pengamatan perilaku anak. Materi mencakup strategi penggunaan daftar periksa indikator kesiapan dan aktivitas stimulasi, seperti membaca bersama dan bermain peran, serta pentingnya mengurangi paparan gawai. Evaluasi melalui kuesioner dan refleksi kelompok menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam mengidentifikasi kesiapan anak, dengan rencana penerapan strategi seperti melatih kemandirian dan interaksi berkualitas. Seminar ini berhasil memberdayakan orang tua untuk mendampingi anak secara efektif, mendukung keberhasilan pendidikan, dan membuka peluang kolaborasi lanjutan dengan komunitas lokal untuk memperkuat peran keluarga dalam membentuk generasi pelajar yang kompeten.
References
Chonitsa, A., Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2025). PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI TERHADAP STRESS AKADEMIK. SULIWA: Jurnal Multidisiplin Teknik, Sains, Pendidikan dan Teknologi, 2(1), 16-22.
Christy, N., Wulan, S., & Pudjiastuti, S. I. (2025). Pengukuran Kesiapan Sekolah Anak Usia 6-8 Tahun: Studi Literatur Metode Penilaian. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 85–101. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1148
Fasya, A. A., Salamullah, F. M. A., Amelia, F. A., Wati, D. S., Fikriyah, Q., Prayogi, A., & Pujiono, I. P. (2025). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Sebagai Upaya Penguatan Wawasan dan Karakter Islami Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Amin, 2(1), 1-10.
Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M. A. (2020). Instrumen Kesiapan Belajar: Asesmen Non-Tes Untuk Mengukur Kesiapan Belajar Anak Usia Dini Dalam Perspektif Neurosains. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 1(1), 17–32. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.17-32
Hanifah, T. (2019). Peran keterlibatan orang tua terhadap kesiapan sekolah pada anak prasekolah. Cognicia, 7(4), 492–506. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i4.10346
Hapidin, Pujianti, Y., & Dhieni, N. (2024). Apa yang Dipikirkan Orang Tua: Perspektif Kesiapan Sekolah. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 334–350. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1083
Kusumastutik, N., Putra, W. A., & Kurniawan, N. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK DARMA WANITA 1 JEMBER. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 188–198.
Madini, H., Azharo, A., & Wati, D. R. (2025). Deskripsi Kesiapan Masuk Sekolah Calon Siswa SD di Deli Serdang. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(1), 196–202. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/alfihris.v3i1.1222
Marliani, Murdianto, E., Br Ginting, A., & Anindhitya, M. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Dan Mental Anak Usia Dini Di Desa Bangun Rejo Kecamatan Tanjungmorawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024. Excellent Midwefery Journal, 7(1), 122–128.
Maulida, I. K., Prayogi, A., Nasrullah, R., Setiawan, S., & A’yun, Q. (2025). Pembiasaan Membaca Sholawat Busyro Setelah Apel Pagi Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Religius Siswa MII Banyurip Ageng 02 Kota Pekalongan. Khazanah: Journal of Islamic Studies, 1-15.
Nadiatulfath, & Kurniati, E. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini melalui Bermain. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(4), 369–377.
Novita, A. (2018). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.769
Prayogi, A., Lawang, K. A., Djunaidi, D., Nugroho, R. S., Septiandani, D., Aisyah, S., ... & Hilmy, M. (2025). Fiqih dan Hukum Islam. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Prayogi, A., Nasrullah, R., Wahyudi, N. A., Setyawan, M. A., Riyadi, R., & Syaifuddin, M. (2025). Pentingnya Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh bagi Siswa Sekolah: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Quantum Edukatif: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 1-10.
Pujiono, I. P., Kamal, M. R., & Premana, A. (2024). CHATGPT-4O DAN KECURANGAN ONLINE: ANALISIS KASUS DALAM SERTIFIKASI PEMROGRAMAN. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 29(3), 342-355.
Pujiono, I. P., Rachmawanto, E. H., & Winarsih, N. A. S. (2025). Array Sorting Algorithm vs Traditional Sorting Algorithm: Memory and Time Efficiency Analysis: Array Sorting Algorithm vs Algoritma Pengurutan Tradisional: Analisis Efisiensi Memori dan Waktu. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 15(1), 47-59.
Rifai, M., & Fahmi. (2017). Pengelolaan Kesiapan Belajar Anak Masuk Sekolah Dasar. Tarbawi, 3(01), 129–143.
Shilla, R. A., Riandita, L., Syafi'i, A., Farhana, Z., Faradhillah, N., Sari, N. H. M., & Prayogi, A. (2025). Numereadsci: Boosting Numeracy and Science Literacy through English Resources at Pondok Pesantren in Pekalongan. International Journal of Research and Community Empowerment, 3(1), 16-28.
Soenaryo, S. F., Susanti, R. D., & Suwandayani, B. I. (2024). Tinjauan Kesiapan Belajar dalam Proses Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. KIDDO: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 5(1), 98–112. https://doi.org/http://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11452
Utami, S., & Wahyuni, D. (2023). Emosional Anak Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 229–235.
Widiastuti, D. O., Prayogi, A., Arif, M. Z., & Saputro, A. D. (2025). METODE PENDIDIKAN BERDASAR HADIS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-9.
Yuniarti, & Pauziah. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggambar Pada Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 13 Pontianak. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 64–75.