PENGUATAN KOMPETENSI STRATEGI KOMUNIKASI DAN PROMOSI USAHA LOKAL MELALUI GOOGLE MY BUSINESS UNTUK SISWA SMK

  • Ferry HIdayat Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Multi Sarana Manajemen Administrasi dan Rekayasa Teknologi
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Google My Business, Strategi Promosi Digital

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK dalam memahami dan mengimplementasikan strategi komunikasi serta promosi usaha lokal melalui pemanfaatan platform Google My Business (GMB). Di era digital, kemampuan untuk mengelola citra dan informasi usaha secara online menjadi keterampilan penting bagi generasi muda, khususnya calon wirausahawan. Melalui pendekatan pelatihan langsung dan praktik pembuatan akun GMB, siswa dilatih untuk menyusun informasi bisnis, mengelola interaksi pelanggan, serta menyusun strategi komunikasi visual yang menarik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap pentingnya visibilitas usaha secara digital, perubahan sikap terhadap teknologi yang lebih produktif, dan munculnya kesadaran berwirausaha berbasis digital. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa profil usaha aktif siswa di Google serta peningkatan literasi digital. Diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan diintegrasikan dalam kurikulum kewirausahaan untuk mendukung kesiapan siswa menghadapi tantangan industri digital

References

Acai Sudirman, Halim, F., Nainggolan, A. B., Butarbutar, N., & Sherly, S. (2021). Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM. 165–179. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5165
Carruthers, S. (2020). Beyond intervention into daily life: A systematic review of generalisation following social communication interventions for young children with autism. In Autism Research (Vol. 13, Issue 4, pp. 506–522). https://doi.org/10.1002/aur.2264
Ferry Hidayat, August Halomoan Siregar, & Alvin Wiliawan. (2024). Determination Analysis Of The Influence Of Self-Efficacy And Creativity On Interest In Entrepreneurship. Digital Innovation : International Journal of Management, 1(3), 57–63. https://doi.org/10.61132/digitalinnovation.v1i3.26
Gohae, M. M., & Hidayat, F. (2021). Analisis Model Komunikasi Pemasaran Rm Skincare Glow. JUABI, 75(17), 399–405.
Hidayat, F., Siregar, A. H., & Angelica, C. (2024). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Upaya Inovasi Substitusi Aquafaba Yang Berimplikasi Pada Peningkatan Kompetensi UMKM Menuju UMKM Go Green Di Kota Medan. Seiko Journal of Management & Business, 7(2), 909–916.
Hidayat, F., & Valentina, F. (2022). Analysis of the Influence of Business Communications and Trust on Consume Buying Decisions in Bukalapak E-Commerce (Study the Case of Stmb Students Multismart Medan). Enrichment: Journal of Management, 12(4), 3350–3357.
Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.
Majda, A. (2021). Evaluating the effectiveness of cultural education training: Cultural competence and cultural intelligence development among nursing students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(8). https://doi.org/10.3390/ijerph18084002
S, M. R. D., & Hidayat, F. (2021). WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM PAKAIAN ( STUDI PADA PEDAGANG PAKAIAN DI SIMALINGKAR KOTA MEDAN ). II(1), 22–29.
Seikkula-Leino, J. (2020). Entrepreneurial competencies and organisational change-assessing entrepreneurial staff competencies within higher education institutions. Sustainability (Switzerland), 12(18). https://doi.org/10.3390/SU12187323
Siregar, A. H., Andriaskiton, M., Hidayat, F., & Saragih, G. (2024). Model Prediktif Mobilitas dan Konsumsi Digital Perempuan Pekerja Generasi Zoomer : Menjelajahi Transformasi Nilai Budaya Global. 7(2), 900–908.
Surbakti, M. N., Fitra, I., Tamba, U., Hidayat, F., & Siregar, A. H. (2025). Pendekatan Terintegrasi dalam Administrasi Bisnis : Strategi dan Tantangan Digitalisasi UMKM Desa Buntu Bedimbar. 1, 176–189.
Suyanto, U. Y., & Purwanti, I. (2020). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 189–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.299
Published
2025-06-26