PENINGKATAN MUTU DAN NILAI TAMBAH KOPI ORGANIK DESA PARDAMEAN SIBISA KABUPATEN TOBA SAMOSIR

  • Hengki Mangiring Parulian Simarmata Politeknik Bisnis Indonesia
  • Andy Wijaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Henry Dunan Pardede Politeknik Bisnis Indonesia
  • Doris Yolanda Saragih Politeknik Bisnis Indonesia
  • Nancy Florida Siagian Politeknik Bisnis Indonesia
Keywords: Kualitas, Nilai Tambah, Kopi Organik

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di Desa Pardamean Sibisa dalam hal pengolahan pasca panen kopi organik yang belum dikelola secara optimal. Penanaman kopi arabika di kecamatan Ajibata sekitar 250 ha dan kopi arabika organik di Desa Pardamean Sibisa mencapai 30 ha. Tujuan pengolahan kopi organik setelah panen adalah untuk meningkatkan nilai tambah produk dari olahan biji kopi organik menjadi kopi bubuk berkualitas baik. Pengolahan hasil panen yang dilakukan oleh masyarakat selama ini hanya sebatas kopi biji atau gabah yang dijual langsung kepada agen pengumpul. Dengan adanya pengolahan biji kopi organik menjadi bubuk kopi organik akan meningkatkan nilai jual yang diproduksi dari lahan petani sendiri yang merupakan kawasan wisata Danau Toba. Pengolahan  pasca panen kopi organik yang akan dilaksanakan di desa Pardamean Sibisa merupakan proses perlakuan fermentasi, pengeringan, sangrai, penggilingan dan pengemasan. 80 % peserta workshop mendapatkan pemahaman baru dalam pengolahan dan strategi pemasaran. Kegiatan PKM ini memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Pardamean Sibisa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

References

Aklimawati, L. (2018). Study on Coffee Marketing and Farmer Organization in Pasuruan District. Pelita Perkebunan (a Coffee and Cocoa Research Journal), 34(2), 113–127. https://doi.org/10.22302/iccri.jur.pelitaperkebunan.v34i2.320
Asni, N., & Meilin, A. (2015). Teknologi Penanganan Pascapanen Dan Pengolahan Hasil Kopi Liberika Tungkal Komposit (Libtukom). In Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi.
BPS Kab. Toba Samosir. (2016). Kecamatan Ajibata Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Toba Samosir.
Gusfarina, D. S. (2014). Mengenal Kopi Liberika Tungkal Komposit (Libtukom). In Science Innovation Networks (Vol. 5). jambi.litbang.deptan.go.id
Kementerian Pertanian. (2013). Komoditas. https://aplikasi2.pertanian.go.id/bdsp/id/komoditas
Lina, N. P. M. (2016). UMK Kopi Bubuk Sereh Bali Sebagai Sarana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Pucaksari Kecamatan Busungbiu Buleleng. Politeknik Negeri Bali.
Butarbutar, Marisi, Sofiyan Sofiyan, Sisca Sisca, Sherly Sherly, and Edy Dharma. 2021. “Penguatan Entrepreneurship Insight Guna Meningkatkan Daya Saing Bagi Pelaku UKM Di Kota Pematangsiantar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):9–16.
Lie, Darwin, Robert Tua Siregar, Efendi Efendi, Ady Inrawan, and Fitria Halim. 2021. “Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):1–8.
Mundiroh, Siti, Hari Stiawan, Syamsul Asmedi, Fitria Eka Ningsih, and Syarifudi. 2020. “Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, 1(1):17–24.
Sitinjak, Marnala. 2021. “Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha VCO Bertuah Di Perumahan Hariguna Rt. 04 / Rw. 11 Kel. Sidomulyo Barat, Kec. Tampan Kota Pekanbar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):30–37.
Yulita, Rahma, Fardila Maisa, Mindayani Dwi Pertiwi, Tri Hartati Manurung, and Lisda Dhia Pratiwi. 2021. “Keefektifan Penggunaan Sosial Media Pemasaran Pada UMKM Kecamatan.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, 1(1):25–29.

Butarbutar, Marisi, Sofiyan Sofiyan, Sisca Sisca, Sherly Sherly, and Edy Dharma. 2021. “Penguatan Entrepreneurship Insight Guna Meningkatkan Daya Saing Bagi Pelaku UKM Di Kota Pematangsiantar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):9–16.
Lie, Darwin, Robert Tua Siregar, Efendi Efendi, Ady Inrawan, and Fitria Halim. 2021. “Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):1–8.
Mundiroh, Siti, Hari Stiawan, Syamsul Asmedi, Fitria Eka Ningsih, and Syarifudi. 2020. “Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, 1(1):17–24.
Sitinjak, Marnala. 2021. “Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha VCO Bertuah Di Perumahan Hariguna Rt. 04 / Rw. 11 Kel. Sidomulyo Barat, Kec. Tampan Kota Pekanbar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):30–37.
Yulita, Rahma, Fardila Maisa, Mindayani Dwi Pertiwi, Tri Hartati Manurung, and Lisda Dhia Pratiwi. 2021. “Keefektifan Penggunaan Sosial Media Pemasaran Pada UMKM Kecamatan.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, 1(1):25–29.
Prastowo, B., Karmawati, E., Rubijo, R., Siswanto, S., Indrawanto, C., & Munarso, S. J. (2010). Budidaya Dan Pasca Panen KOPI.
Sairdama, S. S. (2013). Analisis Pendapatan Petani Kopi Arabika (Coffea arabica) dan Margin Pemasaran di distrik Kamu Kabupaten Dogiyai. Jurnal Agribisnis Kepulauan, 2(2), 44–56.
Sudarko, S., Sumardjo, S., Fatchiya, A., & Tjitropranoto, P. (2020). Pengaruh Keputusan Petani Kopi Rakyat dalam Pemilihan Sistem Kopi Organik dan Non Organik di Jawa Timur. Agriekonomika, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v9i1.6216
Widayat, H. P. (2015). Dampak Perubahan Iklim Terhadap Produksi, Kualitas Hasil Dan Pendapatan Petani Kopi Arabika Di Aceh Tengah. Jurnal Agrisep Unsyiah, 16(2), 8–16. https://doi.org/10.24815/agrisep.v16i2.3041
Published
2022-06-27