PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN E- LEADERSHIP PADA MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL PRODUK UMKM

  • Leni Novita Universitas Panca Marga
Keywords: E-LEADERSHIP, PEMASARAN DIGITAL, MANAJEMEN UMKM

Abstract

Pemasaran produk usaha semakin bervariasi. Salah satu modernisasi pemasaran dengan teknik pemasaran digital. Seluruh informasi usaha, produk, lokasi dan lainnya dikemas dan diposting melalui media sosial atau platform online. Hal ini membentuk usahawan muda seperti mahasiswa untuk terus berinovasi. Seperti mahasiswa yang memiliki usaha tentu perlu mengembangkan keterampilan e-leadership untuk mengelola organisasi usaha khususnya pemasaran produk agar lebih modern. Hal inilah yang mendasari tim pengabdian kepada masyarakat untuk melakukan program pendampingan mahasiswa untuk mengembangkan jiwa e-leadership untuk perkembangan usaha. Program pendampingan dilaksanakan dengan model nominal group technique. Teknik ini lebih efektif melibatkan seluruh mitra untuk berkontribusi. Antusias mitra dalam program ini ditunjukkan dengan kehadiran dan ikut serta setiap tahapan dengan baik dan aktif. Pasca kegiatan, seluruh mitra dibagikan e-book yang berisikan seluruh isi materi dan hasil diskusi.

References

Buchari, A. and Marwiyah, S. (2019) Kepemimpinan Dan Kekuasaan. Bandung: Trim Komunikata.
Darwis, R. . and Zulfan, I. (2018) ‘Peningkatan Kapasitas Tokoh Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Partisipatif Melalui Penerapan Nominal Group Technique (NGT)’, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 7(4), pp. 290 – 297.
Butarbutar, Marisi, Sofiyan Sofiyan, Sisca Sisca, Sherly Sherly, and Edy Dharma. 2021. “Penguatan Entrepreneurship Insight Guna Meningkatkan Daya Saing Bagi Pelaku UKM Di Kota Pematangsiantar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):9–16.
Lie, Darwin, Robert Tua Siregar, Efendi Efendi, Ady Inrawan, and Fitria Halim. 2021. “Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):1–8.
Mundiroh, Siti, Hari Stiawan, Syamsul Asmedi, Fitria Eka Ningsih, and Syarifudi. 2020. “Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, 1(1):17–24.
Sitinjak, Marnala. 2021. “Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha VCO Bertuah Di Perumahan Hariguna Rt. 04 / Rw. 11 Kel. Sidomulyo Barat, Kec. Tampan Kota Pekanbar.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):30–37.
Yulita, Rahma, Fardila Maisa, Mindayani Dwi Pertiwi, Tri Hartati Manurung, and Lisda Dhia Pratiwi. 2021. “Keefektifan Penggunaan Sosial Media Pemasaran Pada UMKM Kecamatan.” Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, 1(1):25–29.
Farunik, C. G. (2019) ‘Strategi Digital Leadership menurut Pendekatan Kepemimpinan Situasional’, Primanomics: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(1), pp. 1–13.
Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
Isya, D. J. et al. (2021) ‘Strategi Komunikasi Kepemimpinan Pada Era Digital’, Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(2), pp. 126–142. doi: 10.32832/djip-uika.v1i2.4979.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI (2021) UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia, Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Available at: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/ umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia (Accessed: 5 April 2022).
Mahirun, Suryani and Nasution, N. B. (2021) ‘Kepemimpinan Transformatif Sebagai Model Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Kreatif’, Jurnal PENA, 35(2), pp. 64–76.
Munir, N. S. (2020) Kepemimpinan di Era Digital (e-leadership), SWA-Online. Available at: https://swa.co.id/swa/my-article/kepemimpinan-di-era-digital-e-leadership (Accessed: 15 May 2022).
Rosyid, A., Kunaifi, A. and Asyari, Q. (2021) ‘Corporate Spiritual Leadership: Model Kepemimpinan Bisnis Era Milenial dalam Menciptakan Great Corporate’, Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu …, 4(1), pp. 85–93. Available at: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi/article/view/1609.
Published
2022-06-27