DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP NILAI-NILAI BUDAYA
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap nilai-nilai budaya, dengan fokus pada perubahan dan pelestarian budaya lokal. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK membawa perubahan signifikan terhadap nilai-nilai budaya lokal, seperti pergeseran identitas budaya di kalangan generasi muda, individualisme, dan homogenisasi budaya akibat pengaruh media sosial. Di sisi lain, TIK juga memberikan peluang untuk pelestarian budaya melalui digitalisasi dan promosi budaya lokal di platform digital. Meskipun demikian, tantangan tetap ada dalam mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional yang berbasis pada kolektivisme, mengingat pengaruh budaya global yang lebih dominan. Penelitian ini menyarankan perlunya strategi bijak dalam memanfaatkan TIK untuk melestarikan budaya lokal tanpa menghilangkan identitas budaya tersebut.
References
Aulia, B. W., Rizki, M., Prindiyana, P., & surgana. (2023). Peran Krusial Jaringan Komputer dan Basis Data dalam Era Digital. JUSTINFO (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 1(1), 9–20. https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1253
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Dwihantoro, P., Susanti, D., Sukmasetya, P., & Faizah, R. (2023). Digitalisasi Kesenian Njanen: Strategi Pelestarian Kebudayaan Melalui Platform Sosial Media. Madaniya, 4(1), 156–164.
EFENDI, R. M. M. H. (2008). TEKNOLOGI INFORMASI DAN SOSIAL BUDAYA: Telaah Kritis terhadap Pergeseran Sosial Budaya di Era Global. /Jurnal/Fihris/Fihris Vol. III No. 1 Januari-Juni 2008/.
Hayat, M. A., & Khuzaini, S. (2021). PERAN AGEN PERUBAHAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM MENGEMBANGKAN DESA LOK BAINTAN MELALUI ECENG GONDOK MENJADI KERTAS KREASI. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(4).
Jantina, N. W., Listiyani, N. M., Purwani, N. K. N., & Carina, T. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOTUBE DAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PELESTARIAN BUDAYA DAN LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 179–184.
Juditha, C. (2018). HEGEMONI di MEDIA SOSIAL: KASUS AKUN GOSIP INSTAGRAM@ LAMBE_TURAH. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(1).
Lambert, V. A., & Lambert, C. E. (2012). Qualitative descriptive research: An acceptable design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255–256.
Novita, T., Hasan, S., & Dewi, R. (2023). Pengaruh Pengembangan Sumberdaya Manusia Dan Budaya Digital Terhadap Kinerja Pegawai. PARADOKS Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(3), 187–197. Retrieved from https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/644
Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61–71.
Ramadhan, A. (2023). Efektivitas Media Sosial dan Teknologi Informasi terhadap Perilaku Masyarakat dalam Operasional Transaksi Jual Beli Online. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 02(03), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i3.385
Revianur, A. (2020). Digitalisasi Cagar Budaya di Indonesia: Sudut Pandang Baru Pelestarian Cagar Budaya Masa Hindu-Buddha di Kabupaten Semarang. Bakti Budaya, 3(1), 90.
Ruslita, G., & Seran, A. (2025). Media dan Konsumerisme: Studi Kritis Pahlawan Konsumtif dalam Budaya Populer. Journal of Mandalika Literature, 6(1), 480–492.
Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan teori penetrasi sosial pada media sosial: Pengaruh pengungkapan jati diri melalui TikTok terhadap penilaian sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72.
Wahyuningsih, F. L., Junaedi, F., & Sos, S. (2022). Pemanfaatan media sosial youtube dan instagram sebagai sarana pelestarian budaya dan promosi pariwisata kraton jogja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wardhanie, A. P. (2017). Peranan Media Digital dalam Mempertahankan Budaya Lokal Indonesia di Era Globalisasi. Prosiding Strengthening Local Communities Facing The Global Era, 1(1).
Wilhemus, O. R. (2013). Komunitas Basis Gerejani Merespon Budaya Hidup Individualisme, Konsumerisme dan Hedonisme di Tengah Arus Globalisasi. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 10(5), 30–48.