PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENCIPTAKAN SDM HADAL BIDANG PEMASARAN DIGITAL BAGI PELAKU UMKM BAWANG GORENG
Abstract
Pertumbuhan teknologi digital memberikan peluang besar bagi UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui pemasaran digital yang efektif, dan pengelolaan keuangan yang baik. Namun, banyak UMKM menghadapi berbagai tantangan dalam aspek tersebut. Oleh karena itu, perlu pengenalan kepada masyarakat sehingga Sumber Daya Manusia di Desa semakin handal dan dapat mengikuti perkembangan digital. Meski produk bawang goreng di desa ini memiliki potensi unggulan dengan cita rasa khas, kesulitan dalam membangun identitas merek, memanfaatkan teknologi digital, dan mengelola keuangan telah menghambat perkembangan mereka.
Untuk mengatasi tantangan ini, perlu di bentuk SDM yang handal melalui pelatihan-pelatihan secara berkesinambungan. Langkah awal untuk membangun SDM Mayarakat yang handal perlu adanya kegiatan pelatihan seperti tema berikut: "Pemasaran Digital, dan Pengelolaan Keuangan untuk UMKM Bawang Goreng di Desa Padi." Pelatihan ini mencakup penguatan branding melalui penciptaan logo dan desain kemasan, pemanfaatan media digital seperti media sosial dan marketplace untuk pemasaran, serta pengelolaan keuangan dasar yang terstruktur. Hasil pelatihan dapat meningkatkan SDM pelaku UMKM bawang goreng yang menguasai pemasaran digital dan mampu meningkatkan produksi bawang goreng serta dapat melakukan perluasan jangkauan pasar yaitu terlihat pada website Desa Padi semakin aktif dan menu pada bagian UMKM mengalami peningkatan.
References
Dwiasti, A. K. (2023). Optimalisasi Branding Produk UMKM dengan Pembuatan Konten Foto dan Video Kreatif. Kumparan.com.
Gani, A., Cahyati, D., Erlangga, M. D(Dwiasti, 2023)., Rahayu, A. P. S., & Ulinnuha, U. (2024). Pendampingan Peningkatan Kualitas Produk UMKM melalui Digital Marketing dan branding serta Inovasi Kemasan di Kelurahan Kilasah Kecamatan Kasemen, 2(1), 23–32.
Patria, H., Alam, M. A. F., Mulyadi, A., & Setyarko, A. (2023). The Influences of Digital Technology, Digital Literacy, and Digital Marketing On The Performance of SMEs in Bekasi, 6(1), 401–419. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.235
Putra, Y. S., & Pratama, S. A. (2022). Pengembangan Product Awareness dan Pemasaran Digital Pada UMKM Enting-Enting Gepuk “Cap Dua Pohon Kelapa” Salatiga, 1(1), 1. https://doi.org/10.52353/abdimakarti.v1i1.267
Santoso, E. L., Vivian, W., & Prasetyaningtyas, S. W. (2022). Analysis of Digital Marketing Processes to Improve Business Performance: Foods and Beverages MSMEs in Indonesia, 3(1), 66–78. https://doi.org/10.46799/jss.v3i1.289
Sofyan Hadinata. (2023). Utilization of Digital Marketing in the Development of MSMEs in the Era of Digital Technology. Interkoneksi: Journal of Computer Science and Digital Business, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.61166/interkoneksi.v1i1.5
https://padi.mojokertodesa.id/
https://tumbas.mojokertokab.go.id/penjual/1263/brambang-gareng-slawe