PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN SDM PEDESAAN DI DESA BONGO II KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN BOALEMO

  • Sukrianto Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Keywords: Pengembangan, Peningkatan, Sumber Daya Manusia, Pedesaan

Abstract

Desa Bongo II sering menghadapi tantangan dari sisi SDM, dimana banyak SDM belum menunjukkan peningkatan dan pengembangan kemampuan dan skill dalam melihat sejauhmana kebutuhan dan harapan secara meluas bagi membangun dan melaksankan pembangunan desa yang dinilai belum maksimal saat ini. Metode pelaksanakaan dilakukan melalui permohonan surat pelaksanaan pengabdian, pemberian ceramah, tanya jawab dan diskusi dalam meemberikan pemahanan lebih luas. SDM di Desa Bongo II sangat perlu diberikan pemahaman lebih mendalam dengan dukungan baik secara langsung dan peningkatan kompetensi melalui beberapa pemahaman atau literasi terkait kategori atau cara pengembangan dan peningkatan kompetensi desa di Desa Bongo II Kecamatan Bongo II Kabupaten Boalemo. Selanjutnya melalui ceramah, diskusi dan tenya jawab diharapkan beberapa poin yang diberikan akan memberikan wawasan dan lebih pada peningkatan kompetensi SDM di Desa Bongo II ataupun mendorong SDM lebih aktif dalam menghadapi tantangan kedepannya.

References

Iin Emy Prastiwi, Tira Nur Fitria, & I. L. K. (2020). SOSIALISASI PENGGUNAAN ONLINE SHOP BERBASIS SYARIAH DI DUKUH SANGGRAHAN PUCANGAN, KARTASURA, SUKOHARJO. Jurnal Budimas, 2(2), 147–152.

Sari, N. Y., Sari, A., Novianti, A., Nurlianti, A., Septyo Triananda, E., & Thoriq Alfariz Sopyan, M. (2022). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM Ness Collection Sukabumi Di Desa Parungseah. JURNAL HASPI: JURNAL PENGABDIAN HASIL IMPLEMENTASI DAN DISEMINASI MASYARAKAT, 1(1), 23–28. https://ip2i.org/jip/index.php/haspi/article/view/22.

Sulartiningrum, S., Nofiyanti, F., & Fitriana, R. (2018). Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Bidang Pariwisata di Desa Wisata. Jurnal SOLMA, 7(2), 176–181.

Ukkas, I. (2018). PENGEMBANGAN SDM BERBASIS PELATIHAN KETERAMPILAN DAN PERBERDAYAAN PEMUDA. Prosiiding Seminar Nasional.
Published
2023-12-18