PROGRAM PEMBINAAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IOT DI KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Moh. Syadidul Itqan Universitas Nurul Jadid
  • Fifin Istiqomah Universitas Nurul Jadid
Keywords: Pembelajaran, Teknologi, IoT

Abstract

Program inovatif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT). Dalam artikel ini, penulis menguraikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan program pembinaan, termasuk tahap perencanaan, pengembangan media, pelatihan, dan evaluasi. Melalui penggunaan IoT, guru di Kabupaten Probolinggo dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih interaktif, dinamis, dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini. Artikel ini juga menyoroti manfaat yang diperoleh oleh guru dan siswa dari penerapan teknologi IoT dalam proses pembelajaran, seperti akses ke sumber daya belajar yang lebih beragam, pengumpulan data secara real-time, serta kemampuan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi secara efektif. Dalam artikel ini, penulis juga membahas tantangan yang mungkin dihadapi selama implementasi program, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan kurangnya keterampilan teknis di kalangan beberapa guru. Namun, berbagai strategi dan solusi juga disajikan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Hasil dari PkM ini diharapkan dapat memberikan panduan dan inspirasi bagi pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan para pengambil kebijakan, untuk memperkuat penggunaan teknologi IoT dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dengan adanya program pembinaan pengembangan media pembelajaran berbasis IoT, diharapkan bahwa tingkat partisipasi, pemahaman, dan prestasi siswa di Kabupaten Probolinggo akan mengalami peningkatan secara signifikan.

References

Bortnik, B., Stozhko, N., Pervukhina, I., Tchernysheva, A., & Belysheva, G. (2017). Effect of Virtual Analytical Chemistry Laboratory on Enhancing Student Research Skills and Practices. Research in Learning Technology, 25, 1±20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25304/rlt.v25.1968

Kinanti, M. D. & Subagio, F. M. (2020) ‘PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INGGRIS BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ KELAS IV SEKOLAH DASAR Abstrak’, Jurnal PGSD, 8(3), pp. 539–548.

Mahali, M. I. (2017) ‘Smart Door Locks Based on Internet of Things Concept with mobile Backend as a Service’, Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(3), pp. 171–181. doi: 10.21831/elinvo.v1i3.14260.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mustakim (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics’, Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), pp. 1–12.
Published
2023-12-18