PENDAMPINGAN MASYARAKAT USAHA GULA AREN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DESA GUNGGUNGAN KIDUL KECAMATAN PAKUNIRAN

  • Fahrudin Universitas Nurul Jadid
  • Mohammad Sofyan Adi Pranata Universitas Nurul Jadid
Keywords: Pendampingan, Usaha gula aren, Meningkatkan ekonomi

Abstract

Pengabdian ini dilakukan karena banyak pengusaha gula aren yang bingung atas pemasaran yang selama ini dilakukan, mereka bergantung pada pengepul saja yang mana harga yang ditawarkan cukup murah. Pendampingan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Metode kegiatan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan berjalan dengan lancar dan masyarakat antusias dalam melaksnakan sebagai peserta. Strategi yang dilakukan dalam kegiatan berupa strategi pemasaran gula aren dengan media sosial. Cara promosi produk gula aren di media soaial yang pengusaha gula aren sebelumnya tidak dimaksimalkan. Hasil dari kegiatan ini berupa pengalaman dan pengetahuan akan pemasaran gula aren memlalui media sosial mulai dari teori hingga praktek. Manfaat lain pelaksanaan kegiatan ini yaitu  gula aren dapat dikenal oleh pangsa pasar lebih luas dan untuk jangka panjang sangat bagus karena semakin banyak orang tahu semakin gampang akses pelanggan sehingga penjualan mudah dilakukan.

References

Fahrudin, Putri, A. M., Isnaini, A. H., Isnaini, A. L., Okta, R. D. H., Nurjannah, R., & Suharno. (2021). PKM Penyuluhan Pembuatan dan Penyemprotan Disinfektan (PEPEDES) sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Desa Kalikajar Kulon Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(2), 178–191. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2142
Jufri, A., & Fahrudin. (2023). Analisis Manajemen Produksi Pada Mebel Sekawan Rimba Desa Wangkal Kecamatan Gading Kabupaten Probolingo. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 1–6.
Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2), 193–198.
Maria Nila Anggia, & Muhammad Rifki Shihab. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125
Maulidah, W. H. (2023). Skripsi Strategi Pemasaran Kopi Telapen Pada Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani Di Desa Karang Sidemen. In Universitas Islam Negeri Mataram (pp. 1–80).
Syam, S. (2014). Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Organik Cair Pada Gapoktan Sipakainge (pp. 1–85). Universitas Hasanuddin.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram ( Studi Deskriptif Pada Akun @ Subur _ Batik ). Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Kotler, Philip. dan Amstron, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Published
2023-07-27